Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang sedang ramai dibicarakan, bahkan sampai di media sosial. Kota Malang semakin semarak dan penuh warna setelah adanya kampung berwarna-warni yang terletak pada 2 kampung wisata yaitu Jodipan dan Kesatrian. Rumah-rumah warga yang berada di 2 kampung di sebelah timur jembatan Embong Brantas itu dicat dengan warna yang bervariasi (kabarnya ada 17 warna) serta mencolok pada tembok dan atap rumah, jalanan, kandang ayam, tiang jemuran dsb. Tempat yang dulunya terlihat kumuh, kini menjadi lebih sedap dipandang oleh karena hal tersebut.
Lokasinya dapat terlihat dari jembatan Embong Brantas (Jalan Gatot Subroto), yang letaknya hanya 500 meter dari Stasiun Kota Malang. Dari Alun Alun Tugu serta Alun Alun Kota Malang jaraknya sekitar 1 km, dari Terminal Arjosari jaraknya sekitar 7,5 Km, dari pertigaan Karanglo-Singosari jaraknya sekitar 8 km, dari Bandar Udara Abdul Rachman Saleh jaraknya sekitar 12,5 km, dan dari arah pusat kota Kepanjen sekitar 20 km ke arah utara.

Alun-Alun Tugu

Alun-alun tugu merupakan wisata ikonik yang berada di jantung pusat kota Malang. Alun alun yang berbentuk bundar dengan tugu di tengah-tengahnya yang dikelilingi oleh kolam teratai dan taman tersebut terletak di pusat kota Malang tepatnya di depan Balai Kota Malang. Siapa saja yang pernah ke kota Malang mungkin pernah melihat tugu ini, karena lokasinya yang sangat strategis tersebut. Alun Alun Tugu terletak tepat di depan Balai Kota Malang, Kantor DPR Kota Malang, Hotel Tugu, Aula Skodam V Brawijaya, SMA N 4 Kota Malang serta SMA N 1 Kota Malang tepatnya di kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Bus Malang City Tour (Macito)

Malang juga punya bus city tour yang baru diresmikan pada tahun 2015. Namanya adalah Macito alias Malang City Tour. Bus tingkat berwarna hijau ini akan mengajak para wisatawan berkeliling Kota Malang dengan rute Balai Kota Malang – Alun-alun Merdeka – Jalan Kawi – Jalan Ijen – Simpang Balapan- dan kembali ke Balai Kota.

Bus Macito punya jadwal operasi 3 kali keliling kota mulai pukul 9.00 sampai 12.00. Adapun tempat menaik-turunkan penumpang berada di kawasan Tugu Malang di depan DPRD Kota Malang. Lebih seru lagi, naik Macito berkeliling Malang ini gratis!

Kayutangan (Alun-Alun Kota Malang)

Kayutangan merupakan jalan utama di Kota Malang. Di sepanjang Kayutangan terdapat banyak kompleks pertokoan dan penginapan/hotel, yakni mulai dari depan kantor PLN sampai dengan Gereja. Bangunan Gereja sendiri merupakan bangunan yang cukup fenomenal yang dibangun pada kisaran tahun 1930-1940. Gereja tersebut dibangun persis di sebelah Masjid Jami Kota Malang (Grand Mosque). Kedua icon kehdupan beragama tersebut menunjukan semangat hidup berdampingan antar umat beragama di Kota Malang.

Salah satu bangunan yang juga terkenal di daerah Kayutangan adalah toko Oen. Toko tersebut dibangun di era kolonial Belanda dan hingga saat ini ia tetap mempertahankan bentuk bangunan asli. Toko tersebut menawarkan berbagai menu makanan, dan yang paling spesial adalah Ice Cream dengan resep khasnya.

Tak jauh dari Kayutangan terdapat Alun-Alun Kota Malang yang saat ini telah direnovasi dan terlihat lebih rapi. Alun-alun terebut menjadi tujuan wisata bagi penduduk Malang dari segala lini.

Jatim Park/Museum Satwa

Jatim Park 2 merupakan salah satu tujuan wisata utama di wilayah Malang Raya. Jati Park 2 memiliki dua area utama yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Batu Secret Zoo di-klaim oleh pengelola sebagai Kebun Binatang Modern Pertama di Indonesia. Koleksi-koleksi binatang yang ada di dalamnya memang menunjukan sebagai level Modern Zoo, mulai dari hewan primata, ular, burung, mamalia, yang dikonsep seperti berada di habitat aslinya. Di dalamnya juga terdapat koleksi hewan air yang dipajang di dalam aquarium dengan tampilan yang indah.

Di Museum Satwa (Animal Museum), ada sekitar 80 diorama hewan dari berbagai wilayah di dunia ini. Di dalamnya juga terdapat replika rangka dinosaurus of dinosaur yang terbuat dari fiberglass.

Batu Apple Tour

Ketika disebutkan nama kota batu, maka icon yang tergambar adalah buah apel. Ya, memang apel enjadi icon khas kota dingin ini. Di Batu banyak ditawarkan wisata petik apel langsung dari pohonnya. Selain apel, juga terdapat banyak pilihan jenis buah lainnya seperti strawberry, jambu, jeruk dan jenis sayuran lainnya. Selain itu juga terdapat wisata petik bunga. Di area Punten, Bumiaji, Sidomulyo dan sekitarnya banyak menawarkan jenis wisata tersebut.

Selecta

Taman rekreasi Selecta terletak di desa Tulungrejo kota Batu, yang dikelilingi oleh gunung Arjuno, gunung Welirang dan gunung Anjasmara. Perlu waktu sekitar 1 jam untuk sampai di taman tersebut dari kota Malang. Berada di ketinggian 1.150 m di atas permukaan laut, membuat suhu di daerah tersebut cukup sejuk, dengan berkisar antara 15° C – 25° C dan suhu air sekitar 18° C.

Wisata Selecta ini didirikan oleh seorang warga Belanda bernama Ruyter de Wildt yang awalnya dipergunakan sebagai tempat peristirahatan bagi warga Belanda di Indonesia. Sesuai dengan namanya kata ‘Selecta’ itu sendiri berasal dari kata ‘Selectia’ artinya ‘Pilihan’.

Selecta dikenal sebagai salah satu tempat rekreasi tertua di kota Batu. Namanya tidak hanya terkenal di indonesia namun juga di mancanegara seperti di Belanda, Malaysia ataupun Taiwan. Tujuan wisata utama di Selecta adalah kolam renangnya serta taman bunga beraneka warnanya yang cantik. Selain kolam renang, Taman Bunga Selecta merupakan daya tarik utama dari tempat  wisata ini. Seiring bertambahnya waktu, wisata di Selecta kini semakin berkembang. Pengunjung bisa bermain sepeda air, berkuda di sekitar wilayah Selecta, hingga yang terbaru adalah area rekreasi petualangan outbond dengan flying fox-nya.

Coban Rondo Waterfall

Coban Rondo adalah salah satu air terjun yang berada di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik.

Kebun Teh Wonosari, Lawang

Kebun Teh Wonosari Lawang Jawa Timur merupakan agrowisata perkebunan teh seluas 1.144 hektar dan memiliki panorama keindahan alam yang luar biasa. Kebun ini berada di dataran tinggi, dengan rentangan 950 mdpl hingga 1.250 mdpl. Kebun agrowisata ini merupakan satu satu nya kebun teh di Jawa Timur yang dikelola sebagai destinasi wisata. Suasana di sekitar kebun sangat sejuk ditambah dengan hamparan luas kebun teh yang tampak hijau membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan ingin berlama lama. Bahkan, tidak sedikit dari wisatawan yang memutuskan untuk menginap.

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan ‘s Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Di dalam kebun raya ini terdapat berbagai macam koleksi tanaman.

Bromo

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang menjadi favorit bagi wisatawan baik dalam negri maupun dari luar negri. Tidak hanya pemandangan matahari terbitnya saja yang menjadi daya tari utama gunung Bromo, namun ada banyak seklai tempat wisata di sekitar Bromo yang jarang di explore oleh wisatawan. Uniknya, beragam tempat wisata ini untuk mengunjunginya membutuhkan kendaraan tipe 4 wd yaitu land cruiser, hartop atau jeep toyota.

Tempat – tempat wisata menarik di Bromo ini sering kali terlewatkan karena umumnya pengunjung hanya mengunjungi 4 lokasi umum saja misalnya ke Gunung Penanjakan untuk melihat sunrise, kawah bromo , padang rumput savanah da bukit teletubies. Kali ini saya akan membuatkan artikel lengkap tempat dan obyek wisata yang wajib anda kunjungi jika berlibur ke Gunung Bromo. Sayang sekali Anda sudah jauh-jauh hari memilih liburan ke Bromo namun banyak tempat wisata yang anda lewatkan.